PUBLISHED BY

alamuda

DESIGNED BY

jangan paksa aku berjalan jika aku ingin terbang

17 Maret 2011

TANPA IMAN, MATI

Iman merupakan rasa percaya yang besar terhadap sesuatu, kata lain dari perbuatan optimis. Menghendaki perkara besar dan melaksanakan tugas sampai tuntas dengan benar, itulah wujud iman. Iman dapat dikategorikan sebagai prinsip hidup seseorang.

Agama yang di anut negara Indonesia beragam, meski dengan pelaksanaan dan sudut pandang berbeda, tetap saja di akui bahwa setiap umat beragaman mengakui bahwa Tuhan adalah satu (Tuhan yang Maha Esa) sesuai dengan lima aturan di negara Indonesia. Tentu saja ada aturan yang tidak boleh di langgar, dan ada juga aturan yang harus dijalankan.

Saya pernah mendengar kotbah yang menyatakan "tanpa iman, akan mati". Sekilas itu hanya kalimat optimis bahwa tiap manusia harus berusaha, tidak ada yang mustahil. Tanpa rasa percaya terhadap apapun, banyak hal yang merugikan diri sendiri, misalnya menutup diri terhadap dunia luar, rasa curiga yang berlebihan, merasa diri tidak mampu, tidak pernah intropeksi diri dan merasa bersalah.

Rekan saya pernah berkata "dosa itu rasa bersalah". Saya setuju, jika kita melakukan hal yang tidak baik, melanggar aturan, timbul rasa bersalah. Kecuali ada pengulangan waktu seperti di film, kita pasti akan memperbaikinya, jika tidak? hohoho...

0 tanggapan: