PUBLISHED BY

alamuda

DESIGNED BY

jangan paksa aku berjalan jika aku ingin terbang

09 Mei 2008

MUSIK MENYEBABKAN KETERGANTUNGAN


Tidak pernah ada orang yang tidak menyukai aliran musik, apapun alirannya. bagi dari segi kapasitas maupun segi entertaintnya. banya faktor yang mereka jadikan sebagai teman sehari-hari mereka. siapapun tidak dapat terlepas dari musik. Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.

Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam seperti Bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya, Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik dan
Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Apa itu musik? Mungkin kata-kata musik sudah tidak terdengar asing lagi di telinga kita, mungkin di karenakan kata-kata ini selalu kita dengar setiap hari.apalagi di telinga para penikmat musik itu sendiri. Karena musik itu sendiri biasa kita dengar setiap hari lewat radio, televisi ataupun media-media lainya. Namun apa arti musik itu sendiri? Banyak pendapat yang mendefinisikan arti musik baik dari para tokoh musik atau Musisi atau hanya dari para penikmat dan pengamat musik, dan sudah barang tentu mereka mempunyai pendapat mereka masing-masing. Namun disini saya akan menggmbarkan apa musik itu?

Musik adalah seni anugrah terbesar dalam hidup manusia kita semua tahu bagaimana proses musik lahir dan diciptaka tapi sangat jarang orang yang mengerti apa makna musik itu seebenarnya kadang-kaang kita hanya bisa mengucapkan bahwa ini adalah musik..tapi kadang pula kita tidak bisa mengerti apa arti musik sesungguhnya. Musik saat ini sudah mengalami fase yang sangat hebat.. sudah banyak jenis dan alirn musik yang lahir kedunia ini. Dan sudah tidak bisa dihitung pula lagu yang telah tercipta dalam dunia musik.Musik berawal dari nada yang tidak secara sengaja di keluarkan pada awal penciptaan manusia, saat itulah manusia menyadari bahwasannya setiap orang mempunyai karakter suara yang berbeda-beda. Manusia pertama kali mengekspresikan pikran dan perasaanya dengan suara-suara, dari hasil suara-suara atau bunyi-bunyi tersebut terciptalah sebuah nada, dan dari sanalah keluar sebuah keharmonisan yang menghasil sebuah irama musik. Jadi sebenarnya musik itu tercipta dari suara suara yang membentuk nada yang harmonis.

Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:Bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnyaSegala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musikDan menurut Hazrat Inayat Khan dalam bukunya (Dimensi mistik musik dan bunyi) dia menggambarkan musik sebagai berikut:musik terbagi kedalam beberpa kategori:Musik alamMusik hewanMusik manusiaMusik bendaDari pendapat pendapat di atas dapat disimpulkan bahwasanya musik itu adalah mekanisme setiap jenis mesin yang bekerja dengan sendirinya dan terus dijalankan oleh hukum irama, jadi musik itu sendiri adalah sebuah irama yang mengandung nada-nada dan menghasilkan suara indah di hati para pendengarnya.Bahasa itu sendiri biasa disebut sebagai penyederhanaan musik; musik tersembuyi di dalamnya karena jiwa tersembunyi di dalam tubuh.

Ketika bahasa menjadi semakin kompleks, ia menutup laksana sebuah sayap, rasa nada- yang menyimpan sayap lainya,. . Efek sebuah musik itu sendiri tidak tergantung hanya pada kecerdasan, tapi juga pada evolusi orang yang menampilkanya. Efeknya pada pendengar sejalan dengan pengetahuan dan evolusinya; Namun beberapa orang mengatakan kalau musik itu sendiri tidaklah berwujud.INTSTRUMENT INSTRUMENT MUSIKAlat musik tradisionalAlat musik petik: gitar, banjo, kecapi dan lain lainAlat musik gesek: biola, rebabAlat musik ketuk: organ dan pianoAlat musik tiup: harmonica, terompet, dan harmonikaAlat musik pukul: rebana dan gamelanAlat musik modern: giatar elektrik, dan syntizer.

ALIRAN-ALIRAN MUSIKBerikut adalah daftar aliran-aliran atau genre utama dalam musik. Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Pengkategorian musik seperti ini, meskipun terkadang merupakan hal yang subjektif, namun merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia.Dalam beberapa dasawarsa terakhir, dunia musik mengalami banyak perkembangan. Banyak jenis musik baru yang lahir dan berkembang. Contohnya musik triphop yang merupakan perpaduan antara beat-beat elektronik dengan musik pop yang ringan dan enak didengar. Contoh musisi yang mengusung jenis musik ini adalah Frou Frou, Sneaker Pimps dan Lamb.

Ada juga hip hop dan rock yang diusung oleh Linkin Park Belum lagi dance rock dan neo wave rock yang kini sedang in. banyak kelompok musik baru yang berkibar dengan jenis musik ini, antara lain Franz Ferdinand, Bloc Party, The Killers, The Bravery dan masih banyak lagi.Bahkan sekarang banyak pula grup musik yang mengusung lagu berbahasa daerah dengan irama musik rock, jazz dan blues. Grup musik yang membawa aliran baru ini di Indonesia sudah cukup banyak salah satunya adalah funk the java yang mengusung lagu berbahasa jawa dalam musik rock.atau Wirahma yang menggunakan dan mengusung unsur irama sunda dan rock dalam musikalitasnya.Aliran Aliran musik itu sendiri terbagi kedalam beberapa golangan:Musik klasikMusik rakyat/tradisionalMusik keagamaan atau musik rohaniBluesJazzCountryRockMusik popular dan Musik duniaMusik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengacu pada musik yang dibuat di atau berakar dari tradisi kesenian Barat,musik kristiani dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.Blues adalah sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS).Musik blues berangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di AS.

Penggunaan blue note dan penerapan pola call-and-response (di mana dua kalimat diucapkan/dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan kalimat keduanya bisa dianggap sebagai "jawaban" bagi kalimat pertama) dalam musik dan lirik lagu-lagu blues adalah bukti asal usulnya yang berpangkal di Afrika Barat..Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombone, piano, terompet, dan saksofon. Salah satu elemen penting dalam jazz adalah sinkopasiRock adalah salah satu aliran musik yang berirama keras.Beberapa Aliran Aliran yang masuk dalam Musik Rock:Progressive rockAlternative RockPunkHeavy MetalHard RockGarage RockGrind coreDeath MetalBlack MetalGothicMusik populer adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyak bersifat komersial.

Beberapa Aliran Aliran yang masuk dalam Musik Populer:Heavy metalHip-hopR&BpopBaladaEmoDiskoSoulRockReggaeMusik elektronikMusik dunia adalah sebutan bagi aliran musik yang bukan termasuk Musik populer dan musik klasik, serta mempunyai elemen "etnik". Biasanya yang termasuk kategori ini adalah musik-musik rakyat Eropa (folk song) seperti musik musik Bob Dylan dan musik dari negara-negara dunia ketiga.atau biasa disebut juga dengan musik Balada. Seperti di Indonesia ada Iwan Fals.

1 tanggapan:

mellovegood mengatakan...

apapun itu jenisnya saya suka musik !!!! go go go ahahah