PUBLISHED BY

alamuda

DESIGNED BY

jangan paksa aku berjalan jika aku ingin terbang

14 April 2008

Orang Muda Katholik


Akhirnya, setelah tiga minggu vakum di media blog, saya mencoba untuk menulis lagi tentang komunitas Orang Muda Katolik yang agaknya membuka kembali keberagaman komunitas muda katolik di lingkungan Paroki Stelamaris Siantan, tepatnya di provinsi Kalimantan Barat. Tahun 2008 ini setidaknya dapat menjadi momentum yang berharga bagi Orang Muda Katolik untuk sedikit membuka kepedulian kepada organisasi muda dilingkungan paroki yang semakin terpuruk. Ini didukung dengan pergantian kepengurusan pada MUSBER OMK tanggak 27 januari 2008 kemarin yang dihadiri oleh pembina sekaligus pastor Paroki, pembimbing harian Orang Muda Katholik, para pengurus lama OMK serta para undangan.

Tantangan awalnya ketika dibentuk organisasi Orang Muda Katholik ini adalah mendorong orang muda katolik untuk keluar dari logika kegiatan yang berbatas pada altar saja. Usaha ini akhirnya membuka paradigma lingkungan paroki Stella Maris bahwa tidak mengesampingkan orang muda dan agaknya kaum muda katolik lebih menikmati kinerja mereka sebagai aktivis muda gereja serta lebih bijaksana berperan pada zona paroki.Orang Muda Katolik sebagai bagian tak terpisahkan dari Gereja dan masyarakat tentunya menyadari masalah ini dan mau tak mau terpanggil untuk ikut terlibat dalam memperbaiki lingkup paroki Stella Maris Siantan yang semakin terpuruk.

Organisasi Orang Muda Katholik ini dulunya dinamakan MUDIKA (Muda Mudi Katholik) pada tahun 1978. kemudian sekitar tahun 1998, dengan diprakarsai oleh beberapa Orang Muda Katholik di paroki Stella Maris yang telah menggelar beragam aktivitas dalam membina kemampuan berfikir, bertindak dan berperan dalam keberagaman, nama organisasi MUDIKA mulai diganti menjadi KOMKA (Komunitas Orang Muda Katholik) atas dasar pemikiran serta keputusan para dewan-dewan paroki di Pontianak. Dan kembali nama organisasi Orang Muda Katholik diganti sejak memasuki tahun Yubilium atau tahun 2000. KOMKA manjadi OMK (Orang Muda Katholik) sampai sekarang. Kami hanya bisa berharap, nama organisasi Orang Muda Katholik ini tidak berganti lagi sebab kasihan yang masuk dalam lingkup kepengurusan orang muda, mereka seakan tidak memiliki status nama yang tetap.

Peralihan kepengurusan organisasi ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali atau dua periode. Para pengurus yang terlibat langsung dalam kepengurusan ini memiliki profesionalisme kerja di bidangnya. Dalam menjalankan kinerja sesuai dengan visi dan misi, para pengurus dituntut untuk mengedepankan tanggung jawab, kebijaksanaan, dalam pengambilan keputusan, rendah hati dalam berbuat dan melaksanakannya tugas dengan suka cita. Visi dan Misi Orang Muda Katholik itu di rencang di Tirta Ria pertengahan Mei 2007 yang nantinya diharapkan akan menjadi pedoman profesionalisme kerja baik para pengurus inti OMK maupun anggota OMK.

Kegiatan-kegiatan besar yang akan digelar Orang Muda Katholik di Paroki Stella Maris pada dua periode seperti:
1. LK (Latihan Kepemimpinan)
2. Bazaar OMK
3. Ulang Tahun OMK
4. Share Green OMK dekanat(Dialog Lingkungan Hidup)
5. Novena Kebangunan Orang Muda Katholik se-Dekanat kota Pontianak
6. Book Publishing
7. Ziarah ke Gua Maria Toho
8. Week End
9. Pembinaan Pengurus

inilah pekerjaan kepengurusan OMK 2008-2010 mendatang dimana banyak konflik internal yang terjadi dikalangan Orang Muda Katholik. Jika dahulu paradigma banyak lapisan yang mengatakan bahwa Orang Muda dianggap belum mampu untuk berorganisasi, maka sekaranglah saatnya Orang Muda Katholik menunjukkan bahwa mereka dapat menjadi penggerak Organisasi yang terorganisir.

3 tanggapan:

diriku adanya mengatakan...

Hee...he...
Bagus dek, cayo...cayo....
semangat dan semangat...tulisanya bagus dek, terus posting dan buat tulisan yang bagus-bagus ya...Otere...Gbu

Anonim mengatakan...

sebuah langkah yang bagus buat dede
sebaiknya dipublikasikan lebih luas lagi tentang keberadaan situs blog ini,supaya kita semua,OMK di Pontianak dapat lebih merasa 'satu visi' kedepannya untuk membentuk generasi Orang-Orang Katolik yang lebih maju dan berkembang dari yang ada sekarang ini
keep fight!!!!!

N42NG mengatakan...

Saya kok lebih setuju dengan nama MUDIKA. Muda Mudi Katolik, titik !!! Ngapain gonta ganti nama....?