PUBLISHED BY

alamuda

DESIGNED BY

jangan paksa aku berjalan jika aku ingin terbang

23 Maret 2009

MENGAPA MENULIS

terkadang tulisan telah mengambil peran terbaik dalam kehidupan kita. Tulisan tergantung apa saja yang ingin disampaikan kepada pembaca. gabungan kata tersebut menjadi pesan-pesan bermanfaat dan secara jelas menggambarkan aksi hidup. hampir seluruh orang di bumi ini cerdas meramu kata lewat tulisan. Seperti halnya pemberitaan media cetak, proses belajar mengajar di kelas, bercerita lewat buku harian pribadi sampai dengan pengiriman pesan lewat handphone.

Pengalaman ini membuat kita membahas minat masyarakat tentang hal mengenal tulisan. Artinya tulisan tersebut mempengaruhi perkembangan informasi masyarakat kebanyakan dan seringnya tulisan malah menempati posisi kurang tepat dalam pengaruh dunia pendidikan. Tapi setidaknya tulisan telah berusaha mempengaruhi cara berpikir manusia pada umumnya.

Seorang wartawan berkata kepada saya "Biarlah tulisan mewakili dirinya dalam hasil publikasi ke masyarakat".

Tulisan wajib mengungkap realita yang sedang terjadi di masyarakat, tidak ada yang disembunyikan. Fakta umum lainnya, tulisan membuat kaya. Seperti halnya perusahaan jaringan terbesar www.google.com yang memuat begitu banyak dokumen serta artikel penting elektronik tentang berbagai tulisan. Perusahaan jaringan tersebut akhirnya "di babtis" oleh setiap pembacanya dengan julukan "Sang Maha Tahu" hanya karena koleksi tulisannya telah memberi masukan teknis pada setiap pembacanya.

Terapan komunikasi lewat tulisan ini juga akan memberi berbagai pemahaman publik bagaimana mengolah ide segar dan mengetahui perkembangan sekitar karena misi utama tulisan adalah mengungkap kebenaran. Hasrat mendasar terhadap kejujuran ini begitu besar perannya dan ada sejak manusia ada. Seperti yang dituliskan di Perjanjian Baru Kitab Yohanes, pada awalnya adalah kata. Istilahnya para wartawan jaman dahulu membawa berita demi kelangsungan hidup manusia dan perubahan. Tiap cerita baginya selalu di tulis melalui sudut pandang berbeda dari berbagai penulis, cara bercerita merekapun menurut kegemaran pribadi.

Untuk itu, mulailah mengungkapkan hal kecil lewat tulisan. Percayalah, apa yang anda tulis hari ini akan menjadi dokumen penting pada tahun mendatang.

1 tanggapan:

Anonim mengatakan...

tolong photo ku di tampilkan semua...hehe..