PUBLISHED BY

alamuda

DESIGNED BY

jangan paksa aku berjalan jika aku ingin terbang

21 Februari 2009

PONARI BERKHASIAT

Fenomena khasiat air dukun cilik Ponari telah membius berjuta orang. Bahkan mereka rela ngantri berdesak-desakan, berhari-hari, dari daerah asal yg juauhhh disana, bahkan ada yang mati terinjak-injak, sampai akhirnya praktek dukun cilik Ponari harus dihentikan polisi. Beberapa hari lalu, air comberan rumah ponari puh jadi rebutan. Kemudian, banyak para forumers yang ngusulkan supaya batunya ponari dicelupkan ke telaga atau laut, supaya bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Nah,kini harapan itu bukan cuma harapan lagi. Karena kini air berkhasiyat Ponari telah diproduksi masal, dan telah masuk ke rak-rak utama supermarket di seluruh pelosok tanah air.

Selanjutnya...

20 Februari 2009

DIGIGIT LISTRIK

Ini kisah dua hari yang lalu, tepatnya di rumah seorang teman, saia nginap karena harus menyelesaikan tugas. Memang sudah agak larut malam untuk beranjak pulang jadi saia memutuskan untuk tidur bersama mereka disana. Selesai nonton bersama di ruang keluarga, saia menuju kamar mandi untuk cuci muka dan cuci kaki karena sebentar lagi akan tidur. Mulailah saia mencari tombol on off di sekitar tiang kamar mandi, karena agak gelap dan mata saia memang kabur jadi yang saia lakukan hanya meraba-raba mencari dimana saklar itu. Setelah beberapa saat, jemari saia menggapai kabel saklar. Tetapi kejadiannya begitu cepat dan saia tersentak. Tangan saia kesemutan. Saia menjerit tertahan karena kaget. Teman saia yang mendengar teriakan saia langsung menuju kamar mandi dan menanyakan apa yang terjadi. Saia hanya tersenyum, tetapi mereka tahu kalau saia kesakitan, tampak dari muka saia yang pucat dan tangan saia yang lemah. Mereka menyuruh saia untuk minum air putih dan duduk untuk menenangkan diri. Terus terang, semenjak kejadian itu, saia jarang meraba apapun disekitar saia.

Selanjutnya...

SURAT TEMAN TAHUN 2070

Orang-orang disekitarku dulunya mengatakan “JANGAN MEMBUANG-BUANG AIR” tetapi tidak ada yang menghiraukan. Orang beranggapan bahwa air tidak akan pernah habis karena persediaan tidak terbatas. Sekarang sungai, danau, bendungan dan air bawah tanah semua telah tercemar dan ada yang sama sekali kering. Industry makin mengalami kelumpuhan. Tingkat pengangguran mencapai angka yang begitu mengerikan. Sekarang 80% makanan sintetis dijual dimana-mana. Aku teringat saat umurku 5 tahun, masih banyak hutan dan tanaman hijau disekitar dan bisa main air sepuasnya. Sekarang anak-anak tidak percaya bahwa dahulu air bisa digunakan untuk apa saja.

Dulunya aku mengkonsumsi delapan gelas perhari, tetapi sekarang aku hanya bisa mengumpulkan ½ gelas perhari untuk membuang dahaga. Penyakitpun bermunculan. Baik infeksi saluran pencernaan, radang kulit dan gangguan saluran kencing menjadi penyebab kematian nomor satu. Manusia di jaman kami sekarang kelihatan menyedihkan; tubuh sangat lemah, kulit pecah-pecah akibat dehidrasi; ada banyak koreng dan juga luka lepuhan akibat keseringan terkena sinar matahari karena lapisan ozon dan atmosfir bumi semakin habis. Morphology manusia mengalami perubahan, yang menghasilkan anak anak dengan berbagai masalah defisiensi, mutasi dan malformasi.

Tidak lagi dikenal perubahan musim dan perubahan iklim terjadi secara global di abad 20 akibat efek rumah kaca serta polusi. Kami permah diingatkan untuk menjaga kelestarian alam tetapi tidak ada yang peduli. Akibatnya, ditempatku tidak ada lagi pepohonan karena jarang turun hujan. Kalaupun hujan, itu adalah hujan asam. Sedikitnya jumlah pepohonan membuat dan tumbuhan hijau membuat ketersediaan oksigen berkurang yang membuat turunnya intelegensi generasi sekarang. Pemerintah bahkan membuat pajak atas udara yang wajib dihirup 137 m³ per orang setiap harinya (31.102 galon). Bagi siapa saja yang tidak bisa membayar akan dikeluarkan dari kawasan ventilasi dimana dilengkapi dengan peralatan paru-paru mekanik raksasa menyerupai oksigen. Udara yang tersedia didalam kawasan ventelasi memang tidak berkualitas baik, tetapi setidaknya menyediakan oksigen untuk bernafas. Karena itu, umur manusia rata rata hanya mencapai 35 tahun.

Keadaan ketika aku muda dulu bagaimana indahnya hutan dan alam sekitar yang hijau. Aku bercerita bagaimana indahnya hujan, bunga dan asyiknya bermain air sambil memancing disungai, bahkan bisa minum air sebanyak yang kita mau. Aku menceritakan bagaimana sehatnya manusia pada jaman itu. Sekarang air menjadi bahan langka, berharga melebihi emas dan permata. Kami tidak mencuci baju tetapi memakai pakaian bekas yang langsung buang yang dapat menambah banyaknya sampah. Kami menggunakan septic tank untuk buang air besar karena kehabisan air. Persoalan ini serius dan sebagian besar telah menjadi hal nyata yang terjadi di sekitar kita.

Aku tidak dapat menghilangkan perasaan bersalah karena aku berasal dari generasi yang menghancurkan alam dan lingkungan dan tidak mengindahkan dengan serius pesan pesan pelestarian. Aku berasal dari generasi yang sebenarnya dapat merubah keadaan, tetapi tidak ada seorangpun yang melakukan. Sekarang anak dan keturunanku yang menerima akibatnya. Aku berharap untuk bisa kembali kemasa lalu dan meyakinkn masyarakat untuk mengerti akan yang akan terjadi jika tidak menjaga kelestarian alam. Bisa jadi pada saat itu ada kemungkinan dan punya waktu bagi kita untuk melakukan upaya menyelamatkan bumi ini.

Selanjutnya...

18 Februari 2009

PUDING ULTAH MAKNYUS

Makasih ya udah ingat ulang tahunku, hehe, pengen rasanya cium pipi kalian semua, entire of my sob,muach..muach...(huekk!). Makasih juga buat vincent udah buatin puding lezat tanggal 14 februari malam kmaren, baru sempat ditulis hari ini,kuenya enak! mungkin karena spesial kue ultah kali ye..(bikin lagi dunk say, haha..) Secara penguasa pemukiman gawe valentine sabtu malam yang bertempat di pelataran parkiran halaman gereja paroki stellamaris siantan kemarin malam berlangsung amat menggugah.

Dibuka dengan misa syukur valentine bertepatan dengan malam minggu dimulai jam 18.00 pada tanggal 14 februari 2009 yang dibawakan langsung oleh Pastor Giovany,MSC selaku pastor paroki dan pembina harian Orang Muda Katholik Paroki Stellamaris. Misa valentine kali ini mengangkat tema "MEMBAGI KASIH DALAM UNGKAPAN NYATA" setelah itu dilanjutkan dengan pembagian sovenir berupa kata-kata indah versi valentine yang disebar kepada seluruh umat pada malam itu. Dan setelah itu, para orang muda dikumpulkan dihalaman yang telah disediakan bangku (menghadap ke panggung) tapi sebelumnya mereka harus registrasi terlebih dahulu karena di kegiatan valentine kali ini juga diadakan doorprize dan tukar kado untuk seluruh peserta yang mendaftar.

Acara valentine yang disajikan berupa renungan valentine,accoustic nite,games, doorprize dan tukar kado. Seluruh kegiatan disajikan satu persatu dalam menggalang kebersamaan dan bertujuan supaya memberikan aktivitas positif bagi kaum muda untuk berperan dalam zona paroki. Tidak lama kemudian, datang beberapa orang teman yang datang dibelakang panggung, dan bilang pake mikropon gede sambil teriak, "SELAMAT ULANG TAHUN". Disambut dengan kue ulang tahun bikinan vincent, puding campur cokelat batangan bentuk hati (seingatku, kayaknya sih). Potongan pertama untuk pastor paroki, potongan kedua untuk Sambas Lover dan yang ketiga tentunya untuk yang buat kue yaitu Vincent. Matachi ya sekali lagi, muach... (waduh? cium layar monitor!)

Selanjutnya...

01 Februari 2009

GADO GADO ENGLISH VERSION

Gado gado is one of the typical food Indonesia that very in liking the society and to get it not hard because this food detectable in various area. besides liked by society, gado gado also giving many the benefit very good for growth because we know gado gado materials is made of the vegetable containing many worthwhile fiber for digestion system and containing many vitamin C that functioning as antioxidant. It is such as elaborated that gado gado base materials is vegetable and not difficult to get it.

Here is elaborated by the benefactor materials and raw material gado gado. Raw Materials, consist of the vegetable type be like bean sprouts, cucumber, string bean, kol, potato, corm leaf, and kangkung. Benefactor Materials, consist of the bean, lontong, tempe, soybean cake, egg braise and crisply.

Besides the benefactor materials, gado gado also need some flavors. Be like aphorisms tell that "vegetable without flavor hence vegetable will felt insipid or not delicious". Hence for flavor gado gado is as follows: peanut, chili, salt, demurral, vinegar eats, or orangeade nipis, koempheria galanga, garlic (fried beforehand).

For measure to the number of raw materials, benefactor materials and the flavor to one portion cannot be measured by means of weighing-machine, become to know how to the number of used materials, used by estimate how many gado gado the ready for served without lessening its delicacy. Concerning price gado gado buyers not necessarily doubt because it price is cheap relative and reached. If one portion gadi gado is usually sold at the price of Rp 7000, - (seven thousand rupiah.

For distribution, we must go to place for sale gado gado, like lesehan house which is have place in market area. Because we know that market is place the meeting of buyer and seller. In place this surely many people wishing feel various foods to sprag the stomach because peckish. So that the people can stop by to booth lesehan to enjoy gado gado. Besides near by market is also open the canteen branch at elbow white colars. Because the seller also hope officers not necessarily go far to rest for lunch, enough just come in that canteen.

Selanjutnya...

MANUSIA DALAM LINGKARAN

Tidur merupakan harta termahal untuk orang sepertiku sebab aktivitasku menuntut banyak hal. Aku selalu memulai hari dengan bersyukur karena setiap hari diberikan kesehatan dan talenta untuk mengawali hari dengan lebih baik. Aku selalu mencintai pekerjaanku. Itu merupakan motivasi utama dalam menepati tanggung jawabku di setiap pekerjaan. Makna hidup orang sepertiku adalah bagaimana berguna bagi sesama serta menghasilkan hal bermutu dan bermanfaat lebih bagi seluruh orang terdekatku. Tapi ada hal yang juga membentur aturan peta kehidupanku adalah fakta yang menjelaskan bahwa pencinta kerja jarang untuk memulai pacaran lebih awal yang artinya mereka lebih memilih mengembangkan karir ketimbang mencari pasangan.

Aku, bagiku sendiri adalah seorang pencinta orang-orang disekitarku, tapi aku juga cinta pada kerja, sangat cinta kerja, bahkan lebih besar hasratnya untuk bekerja lebih giat ketimbang menemukan cinta sejati. Kata cinta sering melintas dengan sendirinya, aku terkesan tidak menginginkannya. Bahkan beberapa orang disekitarku menuturkan bahwa aku mati rasa. Aku selalu memberikan cinta kepada orang tersebut dengan sembunyi-sembunyi,tanpa dia harus tahu kenapa tak aku ungkapkan langsung padanya. Begitu pula dengan mereka yang mencoba mendekati, ku ajak mereka main labirin.

Aku jadi teringat kata pak florus, salah seorang motivator yang tinggal di pontianak utara, "ketika anda berhenti belajar, anda tidak layak untuk memimpin. Karena pemimpin perlu membaca sumber yang baik, meneladani orang hebat, rajin mencari informasi untuk bekal mengambil keputusan tepat". Aku tau makna perkataan itu dengan menyikapi keadaanku sekarang yang bagaikan mimpi buruk sebelum terlelap, seperti manusia robot, terpaksa tak kenal lelah walau seringkali otakku tegang dengan berbagai hal yang ditanggung-jawabkan kepadaku beberapa tahun ini. Aku ingin mengeluh tapi siapa yang peduli, mereka yang mendekati hanya ingin kesenangan saja.

Selanjutnya...