PUBLISHED BY

alamuda

DESIGNED BY

jangan paksa aku berjalan jika aku ingin terbang

01 Juni 2008

BASMI INSOMNIA

Insomnia atau "penyakit" sulit tidur memang sangat mengganggu dan jika tidak segera di atasi bisa mengakibatkan masalah yang serius. Berikut ini beberapa tip yang dapat anda lakukan untuk mengatasi insomnia.Dengan meditasi secara teratur akan mengatur ritme hidup dengan baik dan akan terhindar dari insomsia itu sendiri. Tetapi alangkah baiknya Disamping latihan meditasi secara teratur kita juga membiasakan diri dengan hidup yang sehat pula. Bebrapa tips perilaku hidup sehat untuk mencegah insomnia itu sendiri, sebagai berikut:

1. Jika anda tidak lelah atau tidak mengantuk benar-benar, sebaiknya jangan tidur siang. Jika anda tidur siang maka malam harinya anda akan semakin sulit untuk tidur.

2. Berolahragalah secara teratur. Orang yang aktif berolahraga biasanya akan lebih mudah untuk tidur.

3. Hindari berolahraga atau melakukan kegiatan yang membuat anda sangat capek atau terlalu letih. Tubuh yang terlalu lelah dan pegal-pegal akan membuat anda semakin sulit untuk tidur.

4. Biasakanlah untuk memulai tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

5. Minumlah susu hangat ( bubuhi pala atau kayu manis bubuk ) atau secangkir minuman herbal bila itu tak ada ,air putih hangatpun dapat sangat menbantu.

6. Relaks dan hindari stress sebelum tidur. Baca buku denganrkan musik atau kalau perlu mandi berendam air hangat.

7. Pastikan tempat tidur anda nyaman dan kamar anda tenang dan suhu yang nyaman.

8. Jika tidak bisa tidur, cepat bangun, baca buku atau nonton TV sebentar. Kemudian jika mulai merasa ngantuk segera masuk kamar tidur. Jika setelah 15 menit anda belum juga tertidur, ulangi proses tadi.

saia dulu termasuk org yg susah tidur, selalu bisa tidur kalo setelah jam 3 pagi, karena saia pernah punya kebiasaan kalo org lain belum tidur saia nda bisa tidur! bertahun2 saia kaya gitu!!

segala sesuatu sumbernya dari pikiran (otak) kita, jadi Anda harus 'mind set' pikiran Anda untuk bisa tidur awal... paksakan saja, usahakan jangan ada kegiatan malam hari!
katakan pada diri Anda, bahwa tidur malam adalah hal yg merugikan...
terus... berjemur pagi hari antara pk. 7-9 pagi, karena survey membuktikan sinar matahari pagi bisa memberi status waktu kepada tubuh kita, anak bayi yg susah tidur biasanya di usulkan oleh dokter untuk di jemur! coba deh... pasti tokcer!!!

ingat susah tidur adalah rugi, kalo mo tidur jgn nunggu ngantuk, tapi tidurlah... kalo emang udah waktu tidur!!Orang yg gampang tidur, katanya lebih 'smart'!!

0 tanggapan: